Sungai Yang Hilang

Diskusi Daring

SUNGAI YANG HILANG

bersama
Albertus Vembrianto (Fotografer)
Elvira Rumkabu (Akademisi Universitas Cendrawasih)

host
Rosa Panggabean (Fotografer)

Selasa, 21 September 2021
19:30-21:00 WIB
via Zoom

Lanskap dan kehidupan Suku Kamoro (kabupaten Mimika, Papua) berubah; hutan yang menjadi sumber penghidupan menyusut, sungai-sungai mati karena ditutup tanggul. Sebuah perusahaan tambang membangun tanggul-tanggul di sisi sungai agar tailing, limbah industri pertambangan, mengalir ke laut. Tailing mengandung bahan berbahaya seperti tembaga, arsenik, kadmium dan selenium. Ini menyebabkan perubahan pada ekosistem di kawasan tersebut. Perusahaan memang memberikan kompensasi atas dampak limbah tersebut, tetapi apakah kompensasi ini sepadan dengan serangkaian kerusakan yang harus dialami oleh komunitas pribumi di sana?

Albertus Vembrianto, satu dari tiga penerima Photo-Demos Challenge melakukan eksplorasi terkait isu ini dan menuangkannya ke dalam narasi visual.

Ikuti diskusi daring “Sungai Yang Hilang” bersama Albertus Vembrianto dan Elvira Rumkabu, dipandu oleh Rosa Panggabean. Mereka akan berbagi perspektif tentang dampak pembuangan tailing, siasat masyarakat untuk menanggung perubahan dan kerusakan yang terjadi, hingga proses pengembangan karya visual Albertus Vembrianto.

Pendaftaran
bit.ly/PHOTODEMOS13

www.photodemos.org