SIARAN PERS: The Verdict. The Christina Boyer Case Oleh Jan Banning

PUBLIC LECTURE “THE VERDICT. THE CHRISTINA BOYER CASE” oleh JAN BANNING (ARTIS/FOTOGRAFER, BELANDA)

Jakarta, Juni 2021 – Photo-Demos akan menggelar Public Lecture “The Verdict. The Christina Boyer Case” oleh Jan Banning (Artis/Fotografer) pada hari Senin, 28 Juni 2021 pukul 19:30-21:00 WIB melalui Zoom. Jan akan menuturkan bagaimana dia memperjuangkan kebebasan Christina Boyer, yang dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara di Georgia, Amerika Serikat. Christina menjadi terdakwa pembunuhan dengan tuduhan kelalaian mencari pertolongan medis yang mengakibatkan anak perempuannya meninggal dunia.

Jan Banning adalah artis/fotografer dari Belanda yang telah menghasilkan berbagai proyek fotografi jangka panjang. Proyek fotonya selalu berkaitan dengan isu sosial. Ia kerap mengangkat subyek yang diabaikan dalam seni dan sulit untuk digambarkan, antara lain kekuasaan negara, konsekuensi perang, keadilan dan ketidakadilan. Isu-isu tersebut diangkat dalam beberapa proyek fotonya yaitu “Comfort Women”, “Traces of War”, dan “Bureaucratics”.

Acara ini merupakan rangkaian program Photo-Demos, sebuah inisiatif penggunaan fotografi dan visual storytelling (bertutur secara visual) untuk mempromosikan hak dan/atau kebebasan berpendapat dan berekspresi sebagai unsur penting di dalam demokrasi dan hak asasi manusia. Diprakarsai oleh PannaFoto Institute, bekerja bersama Kurawal Foundation dengan dukungan dari Open Society Foundations.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2020, sejumlah 9 (sembilan) edisi pameran yang mengusung isu-isu demokrasi dan hak asasi manusia ditampilkan di situs www.photodemos.org, serta diskusi daring yang menyertai pameran tersebut.

Ng Swan Ti, Managing Director PannaFoto Institute mengatakan, “Kami mengundang Jan Banning untuk mempresentasikan proyek fotografi terbarunya. Apa yang ia lakukan dalam memperjuangkan kebebasan seorang ibu bernama Christina Boyer menunjukkan berbagai peran yang ia lakukan, sebagai artis/fotografer, periset, sekaligus pejuang keadilan bagi Christina Boyer.”

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs www.photodemos.org dan www.pannafoto.org. Serta ikut Photo-Demos melalui Instagram @photo_demos untuk mengetahui kabar terbaru.

Kontak Media Lisna Dwi A. lisna@pannafoto.org


Tentang Photo-Demos Photo-Demos adalah inisiatif penggunaan fotografi dan visual storytelling (bertutur secara visual) untuk mempromosikan hak dan/atau kebebasan berpendapat dan berekspresi sebagai unsur penting di dalam demokrasi dan hak asasi manusia.

Diprakarsai oleh PannaFoto Institute dan bekerja bersama Kurawal Foundation, program ini menawarkan serangkaian kegiatan: pameran, diskusi, lokakarya, dan kuliah umum fotografi bagi publik.

Program Photo-Demos dapat terlaksana karena dukungan Open Society Foundations.

Tentang PannaFoto Institute PannaFoto Institute (Panna) adalah organisasi non-profit yang berkomitmen untuk membangun budaya berpikir terbuka melalui pendidikan fotografi dan visual storytelling.

Berdiri pada tahun 2006 di Jakarta dengan dukungan awal dari World Press Photo Foundation, Panna berfungsi sebagai platform untuk pendidikan fotografi dan visual storytelling berbasis kemampuan berpikir kritis.

Dalam perjalanan panjangnya, Panna telah menyelenggarakan beragam pelatihan, seminar, pameran foto, festival foto internasional dan menerbitkan buku foto.

 

NO STORY TOO SMALL